Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Stek Tanaman Singkong Sesuai Kaidah Botani

stek tanaman singkong
Sumber gambar : Berkebun.co.id
Cara Stek Tanaman Singkong Sesuai Kaidah Botani - Jenis umbi yang satu sangat mudah untuh tumbuh dan hidup terutama di daerah tropis seperti di wilayah Indonesia. Selain mudah untuk tumbuh, ia juga mudah dalam perawatannya.

Oleh karena itu, tak jarang jika para petani kita banyak yang menanam pohon singkong ini di perkebunan mereka.

Cara Stek Tanaman Singkong Sesuai Kaidah Botani

Selain perawatannya yang mudah, pohon singkong ini juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh manusia bahkan kandungannya lebih bagus dari nasi.

Nutrisi yang Terkandung dalam Singkong

Selain di konsumsi dengan cara di rebus, singkong juga bisa disajikan dengan cara diolah menjadi berbagai macam hidangan makanan, mulai dari kerupuk dan berbagai macam makanan tradisional lainnya.

1. Karbohidrat yang Kompleks

Sejak zaman dahulu singkong sudah menjadi makanan utama bagi masyarakat tradisional, bahkan ia diklaim memiliki kandungan karbohidrat yang lebih bagus dari nasi putih.

Sehingga singkong ini patut dijadikan sebagai sumber energi yang melimpah mengingat kandungan karbohidratnya yang melimpah serta sumber energi yang bersifat tahan lama.

2. Berserat Tinggi

Jika anda memiliki permasalahan dengan sistem pencernaan anda, alangkah lebih baiknya anda mengkonsumsi singkong ini, karena ia memiliki serat tinggi yang sangat baik untuk pergerakan usus anda.

3. Antioksidan

Vitamin C dan betakaroten yang terdapat di dalam singkong mampu menambah imun tubuh anda sehingga ia cocok dijadikan sebagai makanan penangkal penyakit kronis dan serangan radikal bebas.

4. Zat Besi

Makanan olahan singkong ini sangat baik bagi anda yang memililki tekanan darah rendah, hal ini karena singkong memililki unsur zat besi yang berguna untuk memproduksi sel darah merah.

5.Fitokimia

Saponin dan flavonoid adalah dua unsur yang terkandung di dalam singkong yang berguna banyak dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh serta membentu mengurangi peradangan.

Cara Stek Tanaman Singkong Sesuai Kaidah Botani

Kawin silang yang diterapkan pada pohon singkong dapat dilakukan dengan cara menyambungkan dua batang pohon singkong yang berbeda varietas, seperti contoh singkong kuning dengan singkong putih.

1.Pilih Varietas Singkong

Pilihlah dua varietas singkong yang anda inginkan dengan sifat-sifat singkong yang berbeda antara keduanya, pastikan juga keduanya merupakan varietas yang bagus dan terbebas dari hama dan penyakit tanaman.

2. Pilih Tanaman Induk

Untuk melakukan stek atau penyambungan pada pohon singkong, dianjurkan untuk mengambil bagian batang dari tanaman induk yang cukup dewasa untuk dipotong menjadi stek.

3.Persiapkan Batang Pohon Singkong yang akan di Stek

Potonglah bagian batang pohon singkong dari batang induk dengan panjang sekitar 15-20 cm dengan menggunakan alat potong serta tetap memastikan setiap stek memiliki cukup banyak mata tunas.

4. Penyambungan Stek

Ambil sepotong stek dari varietas pertama dan potong bagian ujungnya secara miring. Lakukan hal ini pada varietas yang satunya sehingga nanti akan membentuk sudut V pada kedua bagian.

5. Pengikat Stek

Gunakan tali untuk mengikat sambungan kedua varietas tersebut, anda bisa menggunakan tali rafia, sobekan kain atau sobekan karung.

Ikat kedua sambungan tersebut hingga keduanya terikat kuat, rapat dan tidak longgar agar keduanya bisa cepat tersambung dan stek berhasil dengan sempurna.

6. Persiapkan media tanam

Sebelum melakukan penanaman pada hasil sambungan kedua varietas tersebut, alangkah lebih baiknya persiapkan terlebih dahulu media tanam yang cukup unsur hara dan bagus untuk perkembangan pertumbuhan pohon singkong.

7.Penanaman dan Perawatan Lanjutan

Setelah kedua varietas tersebut sudah disambung dan media tanam sudah dipersiapkan, segera lakukan penanaman dengan cara menancapkan bagian ujung pohon singkong pada media tanam.

Pastikan batang yang ditancapkan tidak terbalik dengan cara memperhatikan mata tunas benar-benar menghadap ke atas agar cepat dalam proses pertumbuhan.

Setelah dilakukan penanaman, pastikan anda selalu memantau pohon singkong tersebut dengan menyiramnya dan lakukan perawatan berkelanjutan agar terhindar dari hama tanaman.

Sehingga dalam beberapa hari akan muncul tunas-tunas dari mata tunas yang nantinya akan tumbuh secara perlahan menjadi daun.

Demikian penjelasan lengkap tentang Cara Stek Tanaman Singkong Sesuai Kaidah Botani mulai dari kandungannya yang sangat baik kesehatan organ tubuh manusia dan bagaimana cara melakukan stek pada pohon singkong tersebut. Anda bisa memilih jenis varietas pohon singkong yang berbeda yang ada di daerah anda kemudian dapat anda lakukan proses penyambungan.

Posting Komentar untuk "Cara Stek Tanaman Singkong Sesuai Kaidah Botani"