Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Robot Masa Depan yang Berpotensi Menggantikan Peran Manusia

perkembangan teknologi robot
Sumber gambar : Blackxperience.com
Perkembangan Teknologi Robot Masa Depan yang Berpotensi Menggantikan Peran Manusia - Perkembangan ilmu pengetahuan akhir-akhir ini semakin pesat terutama di bidang teknologi, sudah banyak para ilmuan yang mengembangkan teknologi yang memiliki kecanggihan diluar nalar.

Teknologi yang mereka ciptakan tentu tidak terlepas dari tujuan untuk mempermudah tugas dan aktivitas manusia sehari-hari.

Perkembangan Teknologi Robot Masa Depan

Kebutuhan manusia yang semakin kompleks memaksa ia harus bekerja dengan tugas yang juga kompleks, sehingga banyak perusahaan yang menciptakan teknologi robot untuk membantu tugas manusia tersebut.

Apalagi belakangan ini sudah banyak produsen pabrikan yang sudah menciptakan robot yang diatur sedemikian rupa untuk melakukan tugas tertentu dengan kecanggihan teknologi terkini.

Contoh Perkembangan Teknologi Robot Masa Depan yang Berpotensi Menggantikan Peran Manusia

Para robot itu diklaim memiliki kecerdasan khusus yang mampu menandingi bahkan melebihi kecerdasan manusia.

1. Edag City Board

Pada tahun 2019 sebuah perusahaan teknik di Jerman mengembangkan sebuah kendaraan masa depan yang memiliki kecanggihan diluar kemampuan kendaraan pada umumnya.

City board dirancang sebagai alat mobilitas yang mampu beroperasi dan menggabungkan berbagai modul dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat perkotaan termasuk dibidang layanan.

Kendaraan city board ini bisa diperintah dengan konfigurasi berbagai pot sehingga bisa melakukan tugas multitasking sekaligus, seperti mengantarkan barang, membersihkan daerah perkotaan bahkan mengantarkan penumpang.

Alat ini sengaja dirancang untuk menciptakan lingkungan yang perkotaan yang lebih efisien dengan kemmapuannya yang dapat berintegrasi dengan ekosistem kota pintar.

City board ini dikendalikan oleh sebuah sensor dengan dukungan ai sehingga dapat melakukan tugas di sekitar kota tanpa ada sedikitpun intervensi dari manusia.

Konsep dari kendaraan ciy board ini juga memperhitungkan faktor-faktor lain seperti penggunaan energi dan tingkat pengurangan polusi sehingga menggunakan pendorong yang ditenagai tenaga listrik.

2. Robomart

Kendaraan kecil ini mengusung konsep kendaraan otonom yang dirancang khusus untuk menjadi kendaraan toko keliling yang beroperasi tanpa pengemudi.

Teknologi kendaraan ini dicetuskan oleh sebuah perusahaan teknologi di California yang bernama Robomart dengan kemampuan dapat mendatangi langsung lokasi pelanggan sesuai dengan permintaan.

Dengan teknologi ini, para pelanggan akan semakin mudah untuk berbelanja buah dan sayuran serta makanan lain hanya dengan melakukan pemesanan maka robomart akan langsung menuju ke lokasi pelanggan.

Robomart dilengkapi dengan sensor dan beberapa kamera yang digunakan sebagai alat navigasi dengan menggunakan teknologi kontrol jarak jauh sehingga bisa bergerak di sepanjang jalan perkotaan.

Ia juga dilengkapi dengan sistem keamanan sehingga ketika sampai di lokasi pelanggan ia dapat membuka pintu dan memilihkan barang-barang yang di inginkan oleh si pelanggan.

3. Dorabot

Sebuah perusahan teknologi asal China yang telah menciptakan sebuah robot yang berfokus pada sistem otomatisasi robotik pada bidang industri logistik.

Dorabot didesain khusus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rantai pasokan yang dibutuhkan dalam bidang logistik seperti, pengangkatan, pengepakan, pengurutan dan pengemasan.

Robot ini dapat mengenali jenis barang karena sudah dilengkapi dengan sistem fisik berbasis komputerisasi sehingga membuat ia dapat mengidentifikasi barang dengan mengambil dan menempatkannya secara perisisi.

4. Max AI

Mengingat semakin menumpuknya sampah di berbagai belahan bumi di dunia mengharuskan manusia untuk menciptakan teknologi daur ulang sampah agar bumi tidak tercemar sampah di masa depan.

Robot max ai ini dikembangkan oleh seorang profesor asal spanyol dan amerika yang dirancang khusus untuk membantu melakukan pemilahan pada perusahaan daur ulang.

Robot ini dilengkapi dengan sebuah lengan sehingga memungkinkan ia untuk melakukan pemilahan antara sampah plastik dan yang bukan plastik kemudian diletakkan pada tempat wadah masing-masing.

5. Fybots Wearhouse

Negara Prancis telah mengembangkan sebuah robot pembersih yang siap bekerja selama 6 sampai 12 jam selama satu kali isi ulang daya.

Robot ini sangat mungkin untuk menggantikan peran manusia di masa yang akan datang, karena kemampuannya yang lebih canggih, cepat, dan lebih efisien.

Alat ini dilengkapi dengan delapan modul pembersih yang siap membersihkan bagian dinding dan lantai hingga tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Terlebih lagi robot ini bisa di setting untuk dapat mendeteksi adanya kebocoran kimia, pemetaan sumber panas, dan bahkan bisa melakukan inventarisasi.

Demikian ulasan mengenai Perkembangan Teknologi Robot Masa Depan yang Berpotensi Menggantikan Peran Manusia yang dirancang para ilmuan sehingga dengan hasil temuan tersebut dapat berguna dan mempermudah tugas manusia sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan lebih efisien.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Robot Masa Depan yang Berpotensi Menggantikan Peran Manusia"