Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaki Pecah-pecah! Segera Lakukan Penanganan Seperti Berikut

cara menangani kaki pecah-pecah
Sumber gambar : Health.grid.id
Kaki Pecah-pecah! Segera Lakukan Penanganan Seperti Berikut - Kulit kering pada bagian tumit kaki yang menyebabkan kaki pecah-pecah ini merupakan kondisi yang sangat umum dialami oleh siapa saja dari berbagai usia termasuk kalangan anak-anak sekalipun.

Sebagian besar orang yang mnegidap masalah kesehatan kulit pada bagian tumit ini disebabkan oleh permukaan kulit yang kering bahkan disebabkan adanya sel-sel kulit mati.

Kaki Pecah-pecah Segera Lakukan Penanganan

Kondisi kulit kaki yang kering hingga munculnya bagian pecah-pecah pada tumit kaki sebenarnya bukan masalah yang serius.

Namun, dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat berjalan hingga perih dan keluar darah apabila kondisi kulit tumit kaki terlalu kering parah.

Cara Atasi Kaki Kering Pecah-pecah

Oleh sebab itu, pada ulasan kali ini kita akan mengulas tuntas cara-cara yang bisa dilakukan untuk meredakan bahkan menyembuhkan masalah kaki pecah-pecah.

1. Eksfoliasi dengan Batu Apung

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah adalah dengan menggosok bagian telapak kaki hingga bagian tumit kaki yang pecah-pecah dengan menggunakan batu apung.

Cara ini bisa anda lakukan setiap kali anda selesai mandi atau cuci kaki, mengingat manfaatnya yang ampuh dalam mengangkat sel kulit mati.

Sebelum anda melakukan cara ini, rendam terlebih dahulu bagian kaki dengan air hangat kemudian mulai menggosok bagian kaki yang kapalan dengan lembut dan jangan terlalu keras dan kasar.

Karena menggosok kulit kaki yang kapalan dengan cara kasar hanya akan membuat kulit kaki terluka dan akan kembali pecah-pecah.

2. Rendam Bagian Kaki dengan Air Lemon dan Garam

Penggunaan air lemon dan garam dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi kulit pecah-pecah pada bagian tumit kaki.

Caranya, cukup campurkan perasan air lemon dan garam pada air hangat kemudian rendam bagian kaki pada campuran bahan tersebut.

Sudah sejak lama lemon dikenal sebagai bahan untuk mengangkat sel kulit mati di bagian kaki, sedangkan garam bermanfaat dalam mencegah kaki yang pecah-pecah dari infeksi.

3. Menggunakan Madu

Madu yang memiliki sifat anti mikroba dan anti bakteri sangat bagus untuk merawat kesehatan kulit pada bagian tumit kaki.

Caranya, cukup oleskan madu sebagai masker kaki pada bagian yang terkena masalah kulit pecah-pecah, namun sebelumnya rendam terlebih dulu kaki anda dengan air hangat.

4. Menggunakan Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa pada bagian kulit kaki yang pecah-pecah secara merata untuk menjaga kelembapan kulit kaki agar tidak kering dan terhindar dari masalah kulit pecah-pecah.

Minyak kelapa sering direkomendasikan sebagai bahan yang ampuh dalam mengatasi masalah pada kulit kaki kering seperti eksim dan psoriasis.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya adalah minyak zaitun, kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat membantu mempercepat produksi kolagen kulit sehingga muncul kulit baru dengan melepas sel kulit mati terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, tinggal anda teteskan minyak zaitun pada permukaan kulit kaki yang pecah-pecah sambil lalu dipijat selama beberapa menit.

6. Obat Antiseptik

Kaki pecah-pecah yang sudah dalam kondisi serius dianjurkan menggunakan obat antiseptik seperti baby oil dan tea tree oil. Obat antiseptik ini ampuh dalam menyerang infeksi ringan pada bagian tumit kaki.

Caranya anda dapat merendam kaki anda ke dalam air hangat selama kurang lebih lima menit, kemudian tambahkan baby oil atau tea tree oil ke dalam air hangat tersebut.

7. Memakai Lotion atau Krim

Mungkin kebanyakan orang sudah banyak yang melakukan cara ini, yaitu mengoleskan lotion atau krim pelembap pada bagian kaki yang pecah-pecah.

Namun, jika anda lebih nyaman menggunakan lotion atau krim ini, pilihlah lotion atau krim untuk kulit kaki yang mengandung emolien, humektan, urea, asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan sakarida isomerat.

Bahan-bahan tersebut sangat ampuh dalam memulihkan dan mengunci kelembapan kulit kaki sehingga dapat dengan cepat menyembuhkan kaki yang pecah-pecah.

Demikian ulasan mengenai Kaki Pecah-pecah! Segera Lakukan Penanganan Seperti Berikut dengan mengatasi kulit kering yang menyebabkan kaki pecah-pecah pada bagian tumit, walaupun sebenarnya masalh ini tidak cukup serius namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada para penderitanya. Oleh karena itu, segera lakukan tindakan penanganan sebagai mana sudah dijelaskan diatas.

Posting Komentar untuk "Kaki Pecah-pecah! Segera Lakukan Penanganan Seperti Berikut"