Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari Penyakit Ginjal dan Wajah Keriput Akibat Kurang Minum Air Putih

akibat kurang minum air putih
Sumber gambar : merdeka.com
Hindari Penyakit Ginjal dan Wajah Keriput Akibat Kurang Minum Air Putih - Air sebagai sumber kehidupan sangat berperan penting dalam keberlangsungan semua makhluk hidup termasuk bagi umat manusia, karena di dalam tubuh manusia sendiri tersusun dari kandungan air yang cukup besar.

Kehidupan manusia juga sangat bergantung pada ketersediaan air untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari dan untuk menjaga kestabilan kondisi tubuh mereka.

Manusia membutuhkan air untuk menjaga fungsi organ tubuh mereka seperti sistem pencernaan, penyerapan nutrisi hingga pengaturan suhu tubuh.

Ketika tubuh manusia terhidrasi oleh air, maka energi dan daya tahan tubuh manusia akan meningkat sehingga bisa produktif dalam beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, air juga beran penting dalam menjaga keseimbangan kimia di dalam otak sehingga dapat berpengaruh pada kondisi mood seseorang hingga dapat meningkatkan konsentrasi.

Hindari Penyakit Ginjal dan Wajah Keriput Akibat Kurang Minum Air Putih

Air di dalam tubuh manusia juga membantu proses detoksifikasi, yaitu proses pemulihan kondisi tubuh dengan mengeluarkan zat sisa yang berbahaya bagi kesehatan yang berupa keringat, urin, dan tinja.

Jika kebutuhan air di dalam tubuh sudah tercukupi, maka tubuh akan semakin kebal dari gangguan penyakit. Karena air membawa nutrisi ke sel tubuh hingga menghasilkan sel darah putih yang dibutuhkan untuk melawan infeksi.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan mengulas tuntas resiko bagi kesehatan yang akan menimpa seseorang jika tubuhnya kekurangan kandungan cairan.
akibat kurang minum air putih
Sumber gambar : Suara.com

1. Menurunnya Tekanan Darah

Tekanan darah pada tubuh manusia sangat dipengaruhi oleh jumlah cairan yang terkandung di dalam tubuh manusia tersebut.

Jika anda kurang minum air putih maka kemungkinan besar anda akan mengalami pusing yang diakibatkan menurunnya tekanan darah.

Menurunnya tekanan darah tersebut diakibatkan oleh kondisi tubuh yang dehidrasi sehingga volume plasma darah yang mengandung protein menjadi menurun.

2. Mual-mual Hingga Muntah

Tubuh manusia secara rutin mengeluarkan zat sisa yang berupa keringat dan urin, sehingga tubuh manusi membutuhkan cairan pengganti agar organ tubuh tetap bisa berfungsi dengan baik.

Jika tidak diimbangi dengan penggantian cairan, maka kondisi tubuh akan melemah dan suhu tubuh akan naik hingga dapat menyebabkan mual dan muntah.

3. Kram pada Bagian Otot

Orang yang kurang mengkonsumsi air putih biasanya sangat rawan mengala kram pada bagian otot mereka. Hal ini dipicu oleh banyaknya keringat yang keluar dan minimnya asupan cairan pengganti.

Otot akan mengalami kram jika kekurangan cairan yang berakibat pada menurunnya volume plasma darah dan kadar elektrolit. Jika tidak segera diimbangi dengan banyak meminum air putih, maka sangat rawan mengalami kram.

4. Penyakit pada Organ Ginjal

Kekurangan cairan di dalam tubuh beresiko bagi kesehatan organ ginjal, hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang kesulitan dalam menghilangkan bakteri yang menjadi biang infeksi pada saluran kencing.

Selain itu, kondisi tubuh yang kekurangan cairan juga beresiko bagi kesehatan ginjal yang disebabkan oleh mineral pembentuk batu yang mengendap pada organ ginjal.

5. Kulit Kering Hingga Berkeriput

Dampak lain dari kekurangan minum air putih adalah mengeringnya bagian kulit yang diakibatkan oleh kondisi tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik, sehingga kulit tampak tidak segar hingga berkeriput.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya kandungan cairan di dalam tubuh hingga membuat pecahnya kolagen yang berdampak pada munculnya garis-garis halus pada permukaan kulit dan membentuk keriput.

6. Stroke

Sebaiknya anda segera lakukan penanganan dengan banyak meminum air putih jika bentuk urin anda sudah berwarna kuning disertai badan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Hal itu pertanda bahwa tubuh anda dalam kondisi dehidrasi, jika sampai terkena komplikasi dehidrasi akan sangat rentan tubuh anda terkena resiko stroke.

Demikian ulasan mengenai Hindari Penyakit Ginjal dan Wajah Keriput Akibat Kurang Minum Air Putih serta beberapa resiko bagi kesehatan yang akan muncul jika sampai kekurangan air putih. Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai pengganti cairan yang keluar melalui keringat atau urin sehingga terhindar dari dehidrasi.

Posting Komentar untuk "Hindari Penyakit Ginjal dan Wajah Keriput Akibat Kurang Minum Air Putih"