Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pura Ulun Danu Beratan Bali Hampir Menyamai Gambaran Keindahan Surga

keindahan pura ulun danu beratan bali
Sumber gambar : Dokumen pribadi
Pura Ulun Danu Beratan Bali Hampir Menyamai Gambaran Keindahan Surga - Salah satu tempat tujuan wisata di Bali adalah Pura Ulun Danu Beratan yang sangat terkenal karena menjadi gambar ikonik pada pecahan uang 50 ribu Rupiah.

Tempat wisata yang satu ini wajib anda kunjungi jika sedang berlibur ke Bali, karena Pura Ulun Danu Beratan ini memilliki pesona eksotik dengan berdirinya Pura khas Bali yang terletak di tepi danau Beratan.

Jika anda dari Kota Denpasar menuju lokasi Pura Ulun Danu Beratan ini, anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan saja.

Perjalanan yang ditempuh harus melewati pedesaan di daerah Tabanan dan sesekali harus menyebarangi jembatan yang disekitarnya terhampar persawahan.

Selain itu, lokasi wisata Pura Ulun Danu Beratan ini juga terletak di dataran tinggi sehingga memiliki suhu udara cukup dingin dan perjalanan anda akan disambut dengan lambaian pepohonan kelapa.

Pura Ulun Danu Beratan ini lokasinya bersebalahan dengan Kebun Raya Bali yang terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti Tabanan Bali.
keindahan pura ulun danu beratan bali
Sumber gambar : Travel.kompas.com
Jika kita melihat di media sosial, sering kali kita menjumpai gambar-gambar hasil fotografer kelas dunia yang menjadikan Pura Ulun Danu Beratan ini sebagai objek pemotretan.

Tempat ini menjadi sangat menarik karena disana kita bisa berinteraksi dengan berbagai wisatawan lokal bahkan wisatawan asing dari berbagai penjuru dunia.

Oleh karena itu, persiapkan kemampuan berbahasa inggris anda jika hendak berwisata ke Pura Ulun Danu Beratan ini, siapa tau nanti anda mendapatkan teman baru orang asing disana.

Tiket masuk ke Pura Ulun Danu Beratan ini terbilang sangat standar sama seperti tempat wisata lain di Bali, bagi orang dewasa cukup membayar 30 ribu Rupiah saja pertiket masuk.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan sebenarnya terdari dari beberapa kompleks pura dan satu stupa yang diantaranya dijadikan sebagai tempat pemujaan bagi Umat Hindu Bali, seperti Pura Lingga Petan, Pura Terate Bang, Pura Penataran Puncak Mangu, Pura Dalem Purwa. Dan Stupa Buddha.

Sejarah Pendirian Pura Ulun Danu Beratan

Sebenarnya belum ada sumber pasti yang menyebutkan tentang pendirian Pura Ulun Danu Beratan ini, namun satu-satunya sumber yang bisa dijadikan referensi adalah Lontar Babad Mengwi.

Dalam Lontar Babad Mengwi tersebut menyebutkan bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sekitar tahun 1634 Masehi oleh I Gusti Agung Putu.

Fungsi Pura Ulun Danu Beratan

Jika kita mendengar kata Pura, pasti kita langsung teringat dengan tempat ibadah Umat Hindu. Ia betul, Pura Ulun Dnu Beratan ini difungsikan sebagai tempat beribadah Umat Hindu Bali atau yang disebut dengan Pelinggih.

Diantara beberapa bangun pelinggih tersebut terdapat dua bangunan yakni Palebahan Pura Tengahing Segara dan Palebahan Palinggih Lingga Petak Yang bentuknya menjurus masuk ke Danau Beratan.

Selain menjadi tempat pemujaan bagi Umat Hindu Bali, Pura Ulun Danu Beratan ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk dijadikan tempat wisata yang bertaraf internasional.

Oleh karena itu, pesona bentuk Pura Ulun Danu Beratan Ini selain menyimpan nilai-nilai spiritual tetapi juga menyimpan nilai keindahan yang tiada duanya.

Keindahan Pura Ulun Danu Beratan akan tampak lebih indah dari biasanya jika anda berkunjung kesana pada saat musim penghujan.

Karena pada saat musim penghujan air Danau Beratan cenderung naik sehingga Posisi Pura yang terletak di tepi danau akan terlihat seperti sedang mengambang.

Ditambah lagi dengan pemandangan perbukitan yang berdiri kokoh di seberang Danau Beratan yang sesekali menampakkan kabut asap yang muncul dari perbukitan tersebut.

Demikian ulasan mengenai Pura Ulun Danu Beratan Bali Hampir Menyamai Gambaran Keindahan Surga yang merupakan wisata alam kelas internasional yang dimiliki Indonesia yakni Pura Ulun Danu Beratan yang terletak di Pulau Bali. Selain sebagai tempat ibadah dan pemujaan umat Hindu Bali, Pura Ulun Danu Beratan juga sangat populer dengan pesona keindahannya sehingga menarik banyak wisatawan lokal maupun asing.

Posting Komentar untuk "Pura Ulun Danu Beratan Bali Hampir Menyamai Gambaran Keindahan Surga"