Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Kerja Internet dalam Dunia Telekomunikasi

Bagaimana Cara Kerja Internet
Sumber gambar : Serupa.id
Bagaimana Cara Kerja Internet dalam Dunia Telekomunikasi - Sebagian besar dari kita pasti ada yang penasaran bagaiman sistem internet bekerja dan bagaimana proses transfer data dilakukan.

Semua data yang berupa file-file dan dokumen yang berupa gambar, video, lagu, dan yang lainnya, semuanya disimpan di pusat penyimpanan data.

Pusat penyimpanan data tersebut secara spesifik berbentuk seperti memori internal server yang menjadi tempat penyimpanan sekaligus penyedia gambar atau video dan file lainnya pada saat anda memintanya.

Jadi, tulisan yang sedang anda baca saat ini menempuh perjalanan ribuan kilometer dari pusat penyimpanan data menuju posisi anda saat ini.

Pusat penyimpanan data menyimpan semua data-data termasuk data anda yang meliputi gambar dan video yang diunggah ke media sosial seperti facebook, instagram, dan lainnya.

Lalu, bagaimana caranya data-data tersebut yang jarakanya ribuan kilometer tersebut bisa sampai pada perangkat smartphone atau komputer anda?

1. Pemanfaatan Satelit

Maka, cara gampangnya adalah dengan menggunakan satelit. Data tersebut dikirim dari pusat penyimpanan data ke satelit melalui sebuah antena kemudian diteruskan ke ponsel anda melelui antena lain yang dekat dengan posisi anda.

Namun, hal ini adalah cara yang kurang relefan mengingat posisi satelit yang terpasang puluhan ribu kilometer di atas garis katulistiwa.

Jadi, data yang dikirim dari pusat penyimpanan data harus menempuh jarak sekitar 70 ribu kilometer hingga bisa sampai ke ponsel anda.

Jarak yang sangat jauh ini menyebabkan loading yang signifikan karena terjadi penundaan pengiriman data pada sinyal. Kemudian jika data yang kita akses dari internet tidak melalui satelit, lalu dengan cara bagaimana data tersebut bisa sampai ke tangan kita?

2. Penggunaan Kabel Serat Optik

Penggunaan kabel serat obtik inilah yang menjadi perantara antara kita dengan pusat penyimpanan data, sehingga dapat menjalankan akses pertukaran data dengan cepat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa ponsel dapat dihubungkan ke internet menggunakan data seluler atau menggunakan router apapun yang kemudian terhubung ke kabel serat optik ini.

Selanjutnya, bagaiaman cara kerja internet mentransfer data dari pusat penyimpanan data menuju ponsel melalui kabel serat optik?.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai bagaimana sebuah data bisa sampai ke tangan kita melalui kabel serat optik, terlebih dahulu kita pahami tentang penggunaan alamat IP.

Alamat IP berupa susunan angka-angka unik yang dimiliki setiap perangkat dengan angka berbeda antara perangkat satu dengan yang lainnya.

Penggunaan alamat IP ini mirip dengan penggunaan alamat pada sebuah rumah. Ia memiliki alamat khusus yang secara spesifik berbeda dengan alamat rumah lainnya.

Sehingga pada saat ada pengiriman barang yang ditujukan ke alamat rumah anda, pengiriman tersebut tidak akan sampai ke rumah orang lain karena sudah tertera alamat unik yang tertuju ke alamat rumah anda.

Begitupula dengan dunia internet. Semua perangkat memiliki alamat masing-masing yang disebut dengan alamat IP.

Jadi, perangkat yang kita pakai semuanya memiliki alamat IP khusus yang berbeda dengan perangkat lainnya. Termasuk alamat IP pada server yang terdapat di pusat penyimpanan data.

Server pada pusat penyimpanan data menyimpan situs web dengan alamat IP tertentu, jadi anda bisa mengakses sebuah web hanya dengan mengetahui alamat IP web tersebut.

Namun, karena penggunaan alamat IP yang tersusun dari angka-angka dianggap terlalu rumit, maka digunakanlah nama domain sebagai pengganti alamat IP web tersebut, seperti contoh Saufi27.com

Pada saat anda membuka alamat web yang berbentuk domain seperti Saufi27.com, maka dibutuhkan DNS sebagai alat pencari alamat IP yang cocok dan sesuai dengan nama domain tersebut.

Jadi, DNS berfungsi menghubungkan antara nama domain dengan alamat IP yang berbentuk angka-angka tersebut, setelah itu baru terhubung dengan pusat penyimpanan data melalui kabel serat optik.

Lalu, bagaimana sebuah data bisa sampai dari pusat penyimpanan data menuju sebuah ponsel seluler atau komputer?

Pada perangkat yang menggunakan data seluler, ia bisa bertukar data dengan server pusat penyimpanan data menggunakan antena yang kita sebut dengan tower.

Tower tersebut terhubung dengan pusat penyimpanan data melalui kabel serat optik, sehingga data yang diterima oleh tower akan dikirim ke ponsel kita dalam bentuk gelombang elektro magnetik.

Demikian ulasan tentang bagaimana cara kerja internet yang penggunaanya sangat vital dalam mengkomunikasikan berbagai hal termasuk pertukaran data yang terjadi di dunia internet.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Internet dalam Dunia Telekomunikasi"