Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pesawat Drone Militer dengan Teknologi Generasi Paling Mutakhir

pesawat drone militer
Sumber gambar : Businessinsider.com
Jenis Pesawat Drone Militer dengan Teknologi Generasi Paling Mutakhir - Dalam peperangan modern sudah banyak penggunaan drone yang dipakai dalam sistem pertahanan dan penyerangan.

Karena fungsi alat ini dapat digunakan sebagai ganti peran manusia di dalam arena peperangan bahkan mampu mengurangi jumlah pasukan yang menjadi korban.

Selain dapat digunakan sebagai alat pertahanan, drone juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pemantauan.

Teknologi pesawat tanpa awak ini memiliki banyak fitur yang dapat dioperasikan dari pusat kendali sehingga sangat dimungkinkan melakukan pemantauan dari jarak jauh.

Salah satu penggunaan drone ini dapat kita lihat pada peperangan yang terjadi antara Hamas dengan tentara Israel saat ini.

1. Alat Anti Terorisme

Penggunaan drone ini dapat dijadikan sebagai alat pemantau pergerakan terorisme meski dipantau dari jarak yang cukup jauh.

Pemantauan ini biasanya dilakukan oleh pihak keamanan mengingat tindakan terorisme ini sangat dilarang di seluruh dunia.

2. Pemantauan Bencana Alam

Penggunaan drone juga bisa digunakan dalam kondisi bencana alam, entah sebagai alat pencarian korban ataupun sebagai alat dokumentasi sebagai sumber informasi.

3. Pengumpulan Data

Pengumpulan data menggunakan drone ini biasanya dilakukan oleh petugas yang bekerja dibidang demografi, bahkan dilakukan oleh pihak militer dalam mengumpulkan data tentang kekuatan musuh di lokasi tertentu.

Jenis Pesawat Drone Militer dengan Teknologi Generasi Paling Mutakhir

pesawat drone militer
Sumber gambar : Indomiliter.com
Karena kemampuan dari pesawat ini sangat handal dan sangat efisien, maka banyak negara yang memanfaatkan penggunaan drone ini dalam berbagai aktivitas kemiliteran termasuk dalam peperangan.

Oleh sebab itu, penggunaan drone pesawat tanpa awak ini sangata bermanfaat bagi dunia militer. Namun drone yang digunakan tentu drone khusus seperti berikut:

1. XQ-58A

Amerika Serikat yang memposisikan dirinya sebagai polis dunia telah mengambangkan berbagai jenis drone salah satunya drone dengan jenis XQ-58A.

Drone ini dirancang dengan kemampuan artificial intellegent atau AI yang biasanya digunakan sebagai pesawat pengintai sekaligus sebagai pesawat tumbal dalam menyelamatkan pesawat berawak.

2. MQ-9 Reaper

Jenis drone yang satu ini juga saudara dari XQ-58 A yang sama-sama buatan Amerika Serikat, namun ia memiliki fungsi yang berbeda.

MQ-9 Reaper dilengkapi dengan radar serta Rudal Hellfire sekaligus bom pemandu berlaser yang mampu melakukan serangan gabungan dengan ketinggian mencapai 50 ribu kaki.

3. Winglong II

Drone Winglong II adalah hasil buatan china yang memiliki fungsi sebagai alat pengintaian udara sekaligus penyerangan cepat.

Pesawat tanpa awak ini sudah dibeli oleh banyak negara termasuk Pakistan dan Mesir karena kemampuannya yang mampu membawa 200kg bom.

4. CAIG GJ-2

Drone CAIG GJ-2 juga milik china yang dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat canggih dan terbukti hebat dalam pertempuran di daerah timur tengah.

Drone ini memiliki kemampuan membawa 12 rudal dengan berat hingga 200kg. Selain itu jenis drone yang satu ini mampu terbang selama 32 jam nonstop.

5. General Atomic

General Atomic sangat canggih mulai dari sistem penargetan karena telah dilengkapi dengan teknologi elektro optik yang sama dengan pesawat F-35.

Drone ini juga dapat membawa tiga ton bom yang dapat melakukan penerbangan hingga 15 ribu kaki atau sekitar 50 ribu kaki.

6. S-70 Okhotnik

Rusia yang melakukan invasi terhadap Ukraina melibatkan penggunaan drone ini, ia merupakan pesawat tanpa awak yang mengerikan karena memiliki fitur siluman.

Drone dari jenis Sukhoi ini sudah dilengkapi dengan kemampuan persenjataan terbaru dengan dukungan teknologi termutakhir atau teknologi militer generasi 6 saat ini.

Demikian ulasan mengenai Jenis Pesawat Drone Militer dengan Teknologi Generasi Paling Mutakhir, semoga ulasan diatas dapa menjadi bahan pengetahuan bagi anda sehingga dapat mengetahui jenis pesawat tanpa awak atau drone yang digunakan dalam beberapa peperangan yang akhir-akhir ini semakin masif terjadi di beberapa daerah di dunia.

Posting Komentar untuk "Jenis Pesawat Drone Militer dengan Teknologi Generasi Paling Mutakhir"