Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi di Dunia Hasil Riset Para Ahli

perkembangan teknologi di dunia
Sumber gambar : Zegen.id
Perkembangan Teknologi di Dunia Hasil Riset Para Ahli - Setiap negara di dunia sedang berlomba-lomba dalam pengembangan teknologi dengan jenis yang bervariasi.

Teknologi yang mereka kembangkan mulai dari alat-alat rumah tangga, alat perkantoran, peralatan untuk kemaslahatan publik, hingga peralatan untuk kebutuhan pabrik.

Di era yang serba digital ini, kebutuhan akan teknologi sangat dibutuhkan oleh manusia modern untuk tujuan pribadi atau untuk kebutuhan publik.

Oleh karena itu, banyak para ahli yang mengembangkan alat-alat teknologi terbaru untuk menunjang kebutuhan manusia agar lebih mudah dalam menyelesaikan tugas dan kewajibannya.

Berikut Perkembangan Teknologi di Dunia Hasil Riset Para Ahli

perkembangan teknologi di dunia
Sumber gambar : Kompasiana.com
Hasil temuan yang dikembangkan oleh para ahli tentu akan disambut gembira oleh masyarakat luas karena kegunaannya yang sangat membantu pekerjaan manusia.

Selain memiliki kegunaan yang cukup bermanfaat, teknologi-teknologi tersebut secara mekanisme panduan pemakaian ia terbilang sangat mudah dalam pengoperasiannya.

1. Nucleus

Suatu ketika pihak NASA Amerika Serikat menyelenggaraan kompetisi secara terbuka untuk mencari teknologi apa saja yang bisa mereka jadikan sebagai penunjang perjalanan mereka ke luar angkasa.

Dari beberapa peserta kompetisi yang ikut pada waktu itu, diambillah satu tim sebagai finalis yang memamerkan teknologi hasil temuan dan pengembangan mereka.

Teknologi tersebut berupa alat yang berbentuk mirip dengan lemari yang memiliki sembilan ruang atau modul.

Alat tersebut memungkinkan para awak pesawat luar angkasa menanam sayuran di dalam alat tersebut sebagai cadangan makanan saat dalam perjalanan menuju luar angkasa.

Teknologi tersebut diberi nama Nucleus, ia didesain untuk penanaman sayuran dengan ruang tertutup sehingga aman oleh pantogen di luar angkasa.

Selain itu, penggunaan teknologi sangat efisien mengingat tumbuhan yang ditanam di dalam alat ini hanya membutuhkan sedikit air dan oksigen.

2. Sun Ways

Sun ways adalah sebuah penemuan teknologi yang berfokus pada sistem pembangkit listrik tenaga surya atau solar system.

Teknologi ini berupa panel surya yang dipasangkan pada kolong rel kereta api dengan tujuan untuk menghemat tempat pemasangan.

Sun ways sudah mulai dipasangkan pada rel-rel kereta di swiss hingga beberapa lainnya seperti Amerika Serikat, Australia hingga sebagian negara di Asia.

Pemasangan sun ways ini sangat membantu bagi negara yang memiliki pembangkit listrik tenaga surya dengan lahan tempat pemasangan panel yang sempit.

3. Spacetop

Spacetop adalah teknologi yang dikembangkan dari laptop biasa, namun ia tidak memiliki layar LCD seperti laptop pada umumnya.

Ia didesain dengan alat visual tanpa layar LCD namun menggunakan teknologi virtual yang mirip dengan bentuk kacamata yang disebut dengan Augmented Reality atau AR.

Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk menatap visul yang ditampilkan secara Nreal dengan resolusi mencapai 100 inci.

Spacetop ini adalah teknologi yang dikembangkan oleh Israel dengan sistem operasi memakai Android dan sampai saat ia masih diproduksi dengan jumlah terbatas karena masih dalam tahap percobaan.

Chipset yang ditanamkan pada perangkat ini memakai prosessor buatan Qualcom yakni Snapdragon dengan seri tertinggi saat ini yaitu seri 8 yang sudah terkenal cepat dan hemat dalam penggunaan baterai.

4. Tiler

Jika kita sering melihat fil-film luar negeri terutama film-film eropa, sering kali ada latar tempat yang menampilkan jalan raya dengan banyak sekali para pengguna jalan yang bersepeda.

Disana mereka sudah terbiasa bersepeda, namun beberapa tahun belakangan ini sudah banyak masyarakat disana yang memilih menggunakan sepeda listrik yang dibekali dengan baterai sebagai sumber listrik.

Oleh sebab itu, pemerintah disana seperti di Belanda, mengembangkan sebuah alat charger otomatis yang mereka beri nama Tiler.

Tiler ini berupa tempat charger isi ulang baterai sepeda berbentuk kotak berukuran sekitar 15 senti meter yang diletakkan di lantai tempat parkir.

Karena posisinya yang dipasang di lantai, Tiler ini dapat digunakan dengan menghubungkan standar sepeda dengan kotak pengisian daya tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa standar sepeda yang dipakai untuk pengisian daya ini adalah jenis standar khusus yang memang dirancang untuk dihubungkan dengan tiler.

5. Jimu's Parking Robot

Teknologi yang satu ini dikembangkan oleh pemerintah China dalam mengatasi masalah lahan parkir disana mengingat daerah perkotaan di China sudah menjadi kota dengan area yang padat oleh bangunan.

Sehingga dikembangkanlah sebuah robot yang secara otomatis memarkirkan sebuah mobil sesuai dengan perintah yang di input pada layar monitor Jimu's.

Ketika operator mengirim perintah pada robot Jimu's, ia akan langsung datang menghampiri mobil tersebut dengan meletakkan mobil tersebut tepat diatasnya dan membawanya ke tempat kosong untuk diparkir dengan presisi yang sangat akurat.

Karena kecerdasannya ini, robot Jimu's diklaim mampu mempercepat proses pemarkiran mobil dengan tingkat efisiensi mencapai 40 persen.

Demikian ulasan mengenai Perkembangan Teknologi di Dunia Hasil Riset Para Ahli, semoga ulasan diatas dapat menjadi bahan referensi yang bisa dijadikan sebagai bahan acuan dalam pengembangan teknologi lainnya yang bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Selain itu, semoga ulasan diatas menjadi tamparan bagi kita semua bahwa negara kita perlu meniru mereka dengan menciptakan alat teknologi yang lebih canggih dengan proses yang mandiri.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Teknologi di Dunia Hasil Riset Para Ahli"