Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awal Mula Munculnya Gejala Penyakit yang Mungkin Berbahaya

gejala penyakit berbahaya
Sumber gambar : Idntimes.com
Awal Mula Munculnya Gejala Penyakit yang Mungkin Berbahaya - Setiap manusia pasti mendambakan hidup bahagia dengan selalu memiliki fisik dan psikis yang sehat.

Karena tanpa kondisi yang sehat, percuma kita memiliki harta kekayaan yang melimpah jika terkena gejala penyakit berbahaya dan terpaksa menghabiskan kekayaan untuk membayar biaya pengobatan.

Kesehatan adalah hal utama yang paling dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup terutama manusia, karena tanpa tubuh yang sehat manusia tidak akan produktif dan banyak kewajiban yang terbengkalai.

Oleh karena itu, kita semua harus tau awal mula munculnya gejala penyakit yang mungkin berbahaya sebagai tindakan pencegahan agar tidak semakin menjalar dan semakin parah.

Apalagi beberapa tahun belakangan ini, kita semua terkena pandemi covid-19 yang mengharuskan kita terus lebih waspada terhadap ancaman gejala penyakit yang mungkin berbahaya.

Tanda Awal Mula Munculnya Gejala Penyakit yang Mungkin Berbahaya

gejala penyakit berbahaya
Sumber gambar : Tribunnews.com
Sebenarnya gejala penyakit berbahaya cukup bervariasi dan membutuhkan kepekaan dari setiap orang. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada terhadap munculnya gejala-gejala berikut:

1. Demam Berkepanjangan

Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu terutama bagi penduduk di daerah tropis, seringkali masyarakat mengalami demam yang tak kunjung sembuh dan relatif lebih lama dari demam biasanya.

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya anda segera memeriksakan diri pada dokter agar segera mendapatkan penanganan khawatir demam tersebut adalah awal mula munculnya gejala penyakit yang mungkin berbahaya.

2. Nyeri yang Tidak Biasa

Hal ini wajar terjadi pada orang-orang yang sudah menjelang lanjut usia yang biasa mengalami nyeri di beberapa bagian persendia seperti lutut dan pinggul.

Namun, jika rasa nyeri tersebut terasa berbeda dari biasanya yang cenderung intens dan terus menerus, maka perlu diwaspadai khawatir nyeri tersebut gejala awal penyakit yang berbahaya.

3. Sesak Napas

Anda harus sangat waspada terhadap gejala yang satu ini, karena sesak napas bisa jadi gejala penyakit berbahaya seperti penyakit paru-paru, kardiovaskular, asma, pneumonia, dan bronkhitis kronis.

Namun, sesak napas tidak selalu karena gejala penyakit diatas. Bisa saja karena faktor udara atau karena kelelahan setelah bekerja atau berolah raga.

4. Nyeri pada Bagian Dada

Gejala penyakit bebahaya lainnya adalah munculnya rasa nyeri pada bagian dada yang menunjukkan awal mula gejala penyakit jantung atau bisa jadi karena adanya gangguan pada sistem pencernaan seperti GERD.

5. Perubahan Berat Badan

Anda juga perlu mewaspadai kondisi turunnya berat badan secara tiba-tiba dalam kurun waktu yang cenderung singkat dan dengan jumlah angka yang signifikan.

Namun, penurunan berat badan tersebut bukan karena sedang menjalani program diet atau karena memang disengaja.

6. Kondisi Perut Buncit

Perun buncit biasanya disebabkan oleh lemak viseral yang menumpuk yang mengakibatkan bentuk perut menjadi lebih tebal dan kelihatan gemuk.

Kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh lainnya dan sangat rentan terhadap risiko terkena serangan jantung, stroke, dan jantung koroner.

Tindakan Pencegahan dan Penanganan

Sebaiknya anda melakukan tindakan-tindakan dalam menjaga kesehatan tubuh anda dari serangan gejala penyakit berbahaya, contohnya seperti berikut:

1. Konsultasi

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya segeralah konsultasi pada dokter agar cepat mendapatkan penanganan.

Kemudian lakukan pemeriksaan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat mengetahui perkembangan gejala penyakit yang sedang diderita.

2. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tindakan pencegahan paling ampuh adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti menjaga dan mengontrol pola makan, memiliki waktu cukup untuk beristirahat, mengontrol stres, dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

Sekian pembahasan mengenai Awal Mula Munculnya Gejala Penyakit yang Mungkin Berbahaya yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk menjaga diri dari serangan gejala penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, kardiovaskular, bronkhitis dan semacanya.

Posting Komentar untuk "Awal Mula Munculnya Gejala Penyakit yang Mungkin Berbahaya"