Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Minuman Instan Berisiko Merusak Ginjal

bahaya minuman instan
Sumber Gambar : Dokumen pribadi
Bahaya Minuman Instan Berisiko Merusak Ginjal - Minuman instan sangat banyak sekali beredar di pasaran dan dengan sangat mudah kita bisa mendapatkannya.

Masyarakat luas pun sudah terbiasa mengkonsumsi minuman instan mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan orang tua.

Dan mereka tidak menyadari akan bahaya minuman instan terhadap kesehatan mereka bahkan mengkonsumsinya diluar batas kebutuhan tubuhnya.

Sehingga kebiasaan tersebut dapat mengancam terhadap kesehatan organ hati bahkan dapat merusak ginjal.

Penjelasan Mengenai Bahaya Minuman Instan Berisiko Merusak Ginjal

bahaya minuman instan
Sumber gambar : Dokumen pribadi
Kandungan gula dan pengawet pada minuman instan sangat berbahaya terhadap kesehatan organ ginjal apalagi dikonsumsi secara berlebihan dan berkelanjutan.

Pada kenyataannya, tubuh setiap orang memang membutuhkan kadar gula secukupnya. Namun, kehadiran minuman instan justru akan membuat kadar gula di dalam tubuh semakin tidak terkontrol.

Jika sudah demikian, kadar gula berlebih yang mengendap di dalalm tubuh hanya akan membuat kondisi tubuh semakin kekurangan cairan.

Terlebih lagi minuman instan mengandung bahan pengawet yang sangat berisiko merusak ginjal. Bahkan berisiko juga merusak fungsi dari organ tubuh lainnya

Kadar gula minuman instan yang melebihi takaran batas kebutuhan tubuh manusia juga mengancam risiko seseorang terkena diabetes dan obesitas.

Penyakit lain yang mengancam kesehatan seseorang karena keseringan mengkonsumsi minuman instan adalah hipertensi. Karena minuman instan berpengaruh terhadap meningkatnya tekanan darah.

Dan rasa manis yang berlebih menyumbang banyak  terhadap kemungkinan terkena serangan jantung dan osteoporosis.

Selain itu ada juga minuman instan yang bersoda, jenis minuman instan bersoda ini sangat tidak dianjurkan untuk anak-anak karena rentan mengalami Aritmia atau detak jantung tak beraturan.

Oleh karena itu, sebelum terlanjur mengkonsumsi minuman instan secara berlebihan dan ketergantungan, alangkah lebih baiknya mengganti minuman instan tersebut dengan minuman alami yang bisa dibuat sendiri.

Selain karena minuman instan bisa membawa dampak buruk, memilih minuman alami buatan sendiri justru lebih sehat dan bisa mengatur sendiri kadar gula sesuai kebutuhan.

Fungsi Organ Ginjal

Organ ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh manusia yang memiliki tugas memproduksi sel darah merah serta menyeimbangkan cairan dengan tetap berperan aktif dalam menyalurkan Vitamin D.

Disamping itu, Organ ginjal juga memiliki tugas mengatur tekanan darah sekaligus menyaring darah sekitar 120 sampai 150 liter perhari.

Fungsi Organ Hati

Organ hati bertanggung jawab penuh atas pemusnahan racun dalam tubuh serta membantu proses pencernaan dengan tetap memproduksi protein.

Dari ulasan diatas sudah bisa diambil kesimpulan bagaimana cara kerja organ hati dan ginjal, lalu bagaimana dampak risiko bahaya minuman instan pada organ-organ tersebut.

Langkah-langkah Mengatur Pola Hidup Sehat

Demi menjaga kesehatan organ tubuh terutama organ hati dan ginjal, maka perlu tindakan-tindakan yang mengatur pola hidup sehat

1. Mengontrol Kadar Gula Harian

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan RI telah membelrikan arahan kepada masyarakat agar agar menjaga asupan gula harian sebagaimana yang telah diatur dalam Pedoman Gizi Seimbang.

Dalam pedoman tersebut disebutkan bahwa tubuh manusia pada umumnya hanya membutuhkan kadar gula tidak lebih dari empat sendok makan perhari.

karena mengkonsumsi kadar gula berlebih hanya akan membuat tubuh lebih rentan terhadap serangan diabetes dan penyakit jantung.

2. Mengkonsumsi Minuman Sehat

Banyak pilihan Minuman yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti minuman instan seperti minuman olahan sendiri seperti jus buah, teh, kopi dan lain-lain.

Segera ubah pola hidup dengan mengkonsumsi minuman buatan sendiri, hal ini bagus untuk kelangsungan hidup anda.

Terutama dalam menjaga kesehatan organ hati dan ginjal serta kesehatan organ vital lainnya, sehingga anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa ada gangguan gejala penyakit berbahaya.

Demikian ulasan mengenai Bahaya Minuman Instan Berisiko Merusak Ginjal sehingga kandungan yang terdapat di dalam minuman instan tersebut mengancam kelansungan hidup anda terutama bahayanya yang mengancam merusak ginjal.

Posting Komentar untuk "Bahaya Minuman Instan Berisiko Merusak Ginjal"