Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Berbagai Macam Keluhan

caramengobati sakit gigi
Sumber gambar : Fdcdentalclinic.co.id
Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Berbagai Macam Keluhan - Manusia memiliki beberapa jenis gigi yang berbeda dalam mulut mereka, dan masing-masing gigi memiliki fungsi khusus dalam mengunyah makanan.

Menjaga kesehatan gigi sangat penting mengingat fungsinya yang sangat vital dalam mengolah dan mengunyah makanan sebelum diteruskan ke sistem pencernaan.

Namun, sebelum lanjut ke cara mengobati sakit gigi, terlebih dahulu kita mulai dari jenis-jenis gigi dan penyebab sakit gigi. Sehingga bisa mengetahui cara pengobatan yang tepat.

Beberapa jenis Gigi Manusia

cara mengobati sakit gigi
Sumber gambar : Fdcdentalclinic.co.id
Jenis-jenis gigi yang dimiliki manusia tersusun dengan bentuk yang berbeda-beda dan dengan fungsi yang berbeda pula.

1. Gigi Geraham (Molar)

Gigi ini berfungsi untuk menggiling dan menghancurkan makanan, dan manusia biasanya memiliki gigi geraham permanen di setiap rahang, jenis gigi ini berjumlah tiga disisi atas dan tiga disisi bawah.

2. Gigi Premolar

Gigi Premolar juga digunakan untuk menggiling makanan meskipun tidak sekuat gigi geraham. Biasanya manusia memiliki dua gigi premolar di setiap rahang, sehingga totalnya ada empat di bagian atas dan empat di bagian bawah.

3. Gigi Canine (Taring)

Gigi taring berfungsi untuk merobek makanan seperti daging. Manusia memiliki dua gigi taring di setiap rahang satu disisi atas dan satu disisi bawah.

4. Gigi Gigi Pencabut (Incisor)

Gigi ini berada didepan mulut dan digunakan untuk memotong makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Manusia memiliki total delapan gigi pencabut permanen yaitu empat diatas dan empat di bawah.

5. Gigi Geraham Kecil (Wisdoom Teeth)

Wisdoom Teeth atau gigi geraham kecil adalah gigi yang tumbuh terakhir di rahang manusia, biasanya pada usia remaja atau dewasa awal.

Tetapi tidak semua orang memiliki Wisdoom teeth, karena gigi yang satu ini seringkali harus diangkat karena masalah pertumbuhan atau kekurangan ruang di mulut.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor sesuai dengan keluhan dan dapat diketahui dengan gejala awal.

1. Karies Gigi

Karies gigi atau gigi berlubang adalah salah satu penyebab utama sakit gigi. Ini terjadi ketika lapisan luar gigi (email) rusak dan membentuk lubang. Selain itu, karies gigi dapat merusak saraf gigi dan menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa.

2. Gigi Sensitif

Gigi yang sensitif terhadap suhu panas atau dingin, makanan manis, atau makanan asam dapat menghasilkan rasa sakit atau sensasi yang tidak nyaman.

3. Infeksi Gigi

Infeksi pada Pulpa gigi (bagian dalam gigi yang mengandung saraf dan pembuluh darah) dapat menyebabkan nyeri yang sangat hebat. Infeksi ini seringkali memerlukan perawatan pada akarnya.

4. Abses Gigi

Abses gigi adalah pembengkakan yang berisi nanah dan terjadi karena infeksi yang tidak di obati. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan demam

5. Gigi Impaksi

Gigi impaksi terjadi ketika gigi tumbuh tidak sesuai dengan posisinya, yaitu terjebak dibawah gusi atau dalam tulang rahang. Hal ini dapat menyebabkan tekanan, rasa sakit, dan peradangan.

6. Gigi Patah atau Retak

Gigi patah atau retak terutama jika sudah mencapai saraf dapat menjadi penyebab sakit gigi. Gigi patah atau retak ini disebabkan karena kondisi gigi yang keropos. 

7. Gigi yang Bengkak

Gigi yang bengkak atau meradang bisa menyebabkan nyeri. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh berbagai masalah, termasuk gusi yang meradang atau abses.

8. Gigi Bertabrakan

Gigi yang bertabrakan akibat trauma atau cedera juga dapat menjadi penyebab sakit gigi. Namun, gigi bertabrakan bisa juga karena munculnya gigi baru yang tidak pada tempatnya.

9. Gigi yang Baru Tumbuh (Gigi Geraham Baru Tumbuh)

Ketika gigi geraham tumbuh, maka dapat menyebabkan ketidak nyamanan dan rasa sakit saat gigi tersebut muncul dan gigi geraham biasanya tumbuh pada usia dewasa awal.

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Berbagai Macam Keluhan

Mengobati sakit gigi bisa bervariasi tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Berikut adalah beberapa cara yang umum untuk mengobati sakit gigi.

1. Minum Obat Pereda Nyeri

Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, atau parasetamol, sesuai petunjuk dosis. Hal ini sangat cepat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

2. Kompres Dingin

Tempatkan kantong es yang dibungkus dengan kain tipis di sekitar yang sakit selama sekitar 15-20 menit. Hal ini bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

3. Berkumur Larutan Garam

Campurkan setengah sendok teh garam kedalam segelas air hangat dan berkumur-kumur selama beberapa detik karena dengan cara ini juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan

Jika sakit gigi berlanjut bahkan menjadi lebih parah, maka segera konsultasikan ke dokter gigi, karena mereka dapat mendiagnosis masalah gigi anda

Selain itu, nanti pasti mendapat resep dan perawatan yang sesuai dengan keluhan anda, atau solusi lain seperti penambalan, pencabutan gigi, dan perawatan akar.

Setelah itu patuhi anjuran dari dokter gigi dan lakukan perawatan lanjutan sesuai dengan arahan dari dokter tersebut.

Demikian ulasan lengkap mengenai Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Berbagai Macam Keluhan, semoga ulasan diatas menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari cara mengobat sakit gigi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Berbagai Macam Keluhan"